AIR TERJUN SENDANG GILE LOMBOK UTARA

Air terjun Sendang Gile merupakan air terjun yang cukup tinggi di Lombok yang berlokasi di Lombok utara di desa Senaru yang juga merupakan pintu gerbang untuk mendaki gunung Rinjani, di desa ini sangat terlihat transparan para organizer menawarkan jasa untuk pendakian ke gunung Rinjani.

Air terjun Sendang Gile, di lokasi ini sekarang sudah bisa beli pisang goreng

Tapi sebenarnya para organizer sudah menjaring pelanggan melalui website namun pampangan nama tersebut hanya menunjukkan identitas dari setiap organizer pendakian karena melalui pintu desa Senaru adalah akses pendakian yang terbaik dibandingkan melalui jalur lainnya seperti jalur Torean, Batu Keliang Utara dan desa Sajang.

Terkecuali akses Sembalun karena jalur pendakian menuju puncak Rinjani pendakian via Sembalun yang paling dekat dan sangat nampak puncak Rinjani sangat jelas jika cuaca cerah yang pasti di pagi hari bisa dikatakan pasti cerah, terutama melalui pendakian via Sembalun medan-nya tidak terlalu curam untuk menuju puncak Rinjani relatif datar dan hanya ada beberapa tempat yang agak curam sebelum mendekati Post 3 dekat dengan bibir kawah danau Segara Anak.

Sepanjang jalan dari awal memasuki desa Senaru tampak papan nama berjejer hingga di kantor TNGR (Taman Nasional Gunung Rinjani) dengan tulisan banner menawarkan anda untuk bergabung untuk mendaki gunung Rinjani dengan paket paket yang sudah di kemas untuk beberapa hari pendakian.

Desa Senaru, 1 km sebelum gerbang masuk menuju air terjun Sendang Gile

Selain itu nampak juga beberapa restoran dan penginapan di sekitar kawasan Senaru, walaupun Air terjun Sendang Gila sedikit ada patahan namun sekilas terlihat nyambung jika kita mengambil gambar dari kamera Smart phone atau-pun kamera lainnya air terjun ini sangat favorit untuk dikunjungi oleh masyarakat Lombok.

Selain karena infrastruktur berupa akses jalan yang sudah tertata bagus dengan anak tangga yang di buat dari batu alam dan baru baru ini sudah di beri relling pengaman atau relling sekedar untuk berpegang saat melintas turun naik menuju air terjun.

Dari gerbang pintu masuk menuju air terjun juga sudah disiapkan beberapa Post untuk beristirahat entah itu istirahat karena hujan atau-pun beristirahat karena kelelahan kira kira-akan menghabiskan waktu 10 menit dari loket pintu masuk kita akan tiba di lokasi air terjun, disini anda bisa mandi namun tidak bisa berenang dibawah air terjun karena air yang jatuh tidak ter-tampung oleh kubangan curah air yang meluncur dari atas.

2 Replies to “AIR TERJUN SENDANG GILE LOMBOK UTARA”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *