KECAMATAN BAYAN LOMBOK UTARA

Kecamatan Bayan masuk kedalam wilayah kabupaten Lombok Utara ( KLU ) yang terdiri dari beberapa desa yang mejadi objek pariwisata populer seperti Desa Senaru yang terdapat destinasi air terjun terindah di Lombok yaitu air terjun Tiu Kelep yang sering dijadikan ikon pariwisata Lombok atau gambar-gambar iklan dan lain sebagainya terdapat juga air terjun Sendang Gila yang tidak jauh dari situ.

Terdapat juga objek wisata masjid kuno di desa Bayan Belek arsitektur kayu, beratap ilalang dan berlantai tanah liat yang berpondasi batu kali yang merupakan cagar budaya yang dilestarikan pemerintah propinsi NTB juga terdapat desa Segenter yang merupakan desa tradisional dengan segala keunikan gaya hidupnya.

Kecamatan Bayan berjarak 80 km dari kota Mataram di-sinilah lahir paham islam waktu telu atau yang mengacu pada jadwal sholat hanya 3 kali sehari saja dari anggapan versi yang berbeda sudah sejak lama saya ingin tau sebenarnya mengenai ajaran waktu telu atau 3 dalam bahasa sasak namun 10 tahun yang lalu saya memberanikan diri untuk bertanya pada orang yang menjalankan paham islam Waktu Telu karena sudah menjadi teman dan dari kesimpulan.

Yang bisa saya ambil ternyata yang sebenarnya islam Waktu Telu itu artinya ajaran islam yang belum sempurna diajarkan oleh para penyebar agama pada masa abad yang lalu karena keunikan dari lafal sholat yang dilakukan mirip seperti lafal sholat tapi diucapkan dengan cara yang beda mungkin dulu mereka diajarkan secara lisan oleh penyebar agama islam hingga dari turun temurun lafaz atau cara pengucapannya mejadi berubah ubah selain itu penyebar agama islam kemungkinan tidak lama mendampinginya dan masuk lagi penyebar dari agama hindu.

5 Replies to “KECAMATAN BAYAN LOMBOK UTARA”

  1. wahagar budaya yang dilestarikan pemerintah propinsi NTB juga terdapat desa Segenter yang merupakan desa tradisional dengan segala keunikan gaya hidupnya.

    1. Sembalun sekarang sudah menjadi bagian dari wilayah kabupaten Lombok Timur dan dusun Segenter masuk ke dalam wilayah kecamatan Bayan kabupaten Lombok Utara

    1. Ya benar tapi sekarang sudah tidak lagi, mungkin akan terjadi lagi setelah ratusan tahun lagi, informasi terakhir sekarang di kecamatan Sembalun sedang ada pengerjaan pelebaran jalan dari Pesugulan Hingga ke Kokok Putek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *