KERAJINAN BAMBU GUNUNGSARI DAN BERUGAK LOMBOK

Kerajinan bambu pada umumnya mungkin tidak jauh beda dengan yang terdapat di tempat-tempat lain di wilayah nusantara ini tapi mungkin akan ada beberapa ciri khas model yang ada di masing-masing daerah. Lalu bagaimana halnya dengan kerajinan bambu di kecamatan Gunungsari ? Kecamatan Gunungsari masuk dalam wilayah kabupaten Lombok Barat yang tidak jauh dari kota Mataram jika di perkirakan dari gerbang perbatasan kota Mataram untuk menuju lokasi pengrajin hanya sekitar kurang dari 2 km, persis-nya pada jalur jalan yang menuju ke arah  kabupataen Lombok Utara.

Kondisi lalulintas di jalan utama Kecamatan Gunungsari desa Mambalan

Sangat transparan terlihat di pinggir-pinggir jalan di jajakan dengan berbagai macam model dan jenis anyaman bambu yang bisa di beli langsung atau dengan cara memesannya pada beberapa toko kerajinan mulai dari tempat tidur, kursi, meja, jenis jenis keranjang perabot rumah tangga  dan sangat banyak macam jenis lainnya namun ada yang lebih menonjol secara spesifik yaitu pembuatan Berugak kalau dalam bahasa Sasak atau gazebo jika disebut dalam bahasa Inggris.

Aneka macam dan jenis kerajinan bambu dan rotan di Gunungsari

Kecamatan Gunungsari memiliki luas wilayah yang cukup luas jika kita berbicara tentang tempat lokasi pengrajin seperti yang kita maksudkan, jadi lokasi pengerajin Gunungsari hanya merupakan bagian wilayah kecil saja sementara Gunungsari meliputi hampir seluruh bagian daratan yang terdapat di bawah bukit yang nampak jelas kita lihat dari kota Mataram.

Suasana pedesaan masih terlihat asri namun akhir-akhir ini banyak para pengembang Property yang mengembangkan usahanya ke daerah ini maklum karena lahan yang luas sudah semakin sempit di kota Mataram, Gunungsari yang dulu dikenal pedesaan tapi kini sudah menjadi kota dadakan terutama yang terdapat di desa Sandik, perumahan KPR berkelas sudah banyak atau sudah sangat menjamur, begitu juga arah yang menuju Gegutu semakin marak terlihat bangunan-bangunan untuk KPR (Kredit Perumahan Rakyat)

Barang-barang dagangan dipajang sangat transparant di pinggir jalan

Maaf, kita sedikit meninggalkan topik pembicaraan mengenai kerajinan yang ada di Gunungsari, saya sendiri yang sudah melakukan inspeksi termasuk juga menanyakan  ke pemilik toko, harga-harga kerajinan disini masih cukup terjangkau jika anda berminat untuk membelinya karena barang barang yang dipajang masih merupakan barang barang produksi belakang rumah atau masih merupakan produksi kampung sekitar.

Adapun tetangga saya yang sekarang pindah bermukim di kecamatan Gunungsari di “kampung para pengrajin, sering menuturkan tentang keadaan pengrajin tetangganya yang dalam arti mereka (pengrajin) dibayar sangat murah untuk mengerjakan suatu produk yang sangat menjelimet itu artinya di pihak ke dua atau boss yang punya toko pengrajin tidak akan jauh-jauh mahal untuk menjualnya tapi ceritanya akan sangat berbeda jika tangan ke tiga memajang hasil karya nya di art shop atau di toko untuk para wisatawan apalagi jika yang akan membeli dari kalangan wisatawan mancanegara pasti harganya akan menjadi lebih fantastis.

Lokasi toko berada di jalur dua arah sehingga akan sedikit mengganggu jika parkir berlama-lama

Jadi jika berminat atau menggemari suvenir hasil kerajinan bambu dan rotan sebaiknya minta kepada pak sopir untuk menghantarkan anda ke desa Mambalan Gunungsari tempat pengerajin yang saya maksudkan ini saya kira sangat gampang jika pak sopir lahir di Lombok terutama orang Lombok Barat atau Lombok utara karena lokasi pengrajin atau pun toko-nya ini berada di lintas jalan utama kabupaten Lombok Barat dan kabupaten Lombok Utara.

Persis di pinggir jalan kiri dan kanan sangat nampak jelas berjejer sepanjang kira-kira 300 meter, hanya saja space untuk tempat parkir sangat sempit sementara jalur ini adalah jalur padat lalulintas atau mungkin juga jika anda baru berlibur dari Gili Trawangan menuju Bandara Internasional Lombok (BIL) anda pasti akan melintasi jalan ini 3 km sebelum tiba di pusat kota Mataram. Tentu jika ada niat mampir di Gunungsari untuk melihat atau-pun ingin membeli kerajinan ini anda harus mengalokasikan waktu 1 jam atau lebih dan harus berangkat dari Gili Trawangan lebih awal.

Tampak Gazebo size 2 x 2 dipajang di work shop

Kembali lagi kita membahas mengenai Berugak atau Paruga atau Gazebo secara khusus di sisi, jika orang Lombok sendiri punya sebutan untuk hal ini yaitu, Sekepat jika berkaki empat dan sekenem jika berkaki enam. Mungkin jenis ini sudah tidak disebut bagian dari kerajinan karena bentuknya sudah besar, saya lebih menganggapnya bagian dari konstruksi karena jenis ini bisa kita jumpai di seluruh Indonesia atau bahkan di seluruh dunia dengan ciri-ciri perbedaan pada bentuk ukirannya jika tiang-tiang nya terukir.

Tampak berugak ukuran 1,5 x 2 meter di Gunungsari

Mengenai Berugak atau gazebo ini banyak tempat pembuatannya di Gunungsari, jika anda melihatnya di dalam art shop di pinggir jalan itu artinya cuma contoh saja, secara khusus pembuatan Berugak ini terdapat di dalam atau jalur-jalan yang ke arah dalam kampung di banyak tempat dengan harga yang bersahabat dengan kualitas yang sangat bagus, jika ada harga yang ditawarkan sangat murah perlu anda curigai bahan kayu apa yang mereka gunakan ya.

Berugak ukuran 2,5 X 2 meter yang dipatok seharga Rp 6.500.000

Jika anda datang ke tempat ini mungkin anda akan sedikit bingung untuk menemui lokasinya karena yang anda tahu paling yang di pinggir jalan saja, karena anda mungkin dari kabupaten Lombok Tengah atau Lombok Timur boleh dah hubungi saya nanti saya tunjukkan lokasinya kebetulan tidak terlalu jauh dari tempat saya, kita bisa janjian bertemu di jalan Udayana dan berkendara ke arah utara sekitar 3 km tapi jangan mendadak lah ya mungkin saya kebetulan ada acara atau hal lain, biasanya sih saya sama tamu-tamu wisatawan jadi tour guide tapi tidak terlalu sering juga, kebanyakan saya di rumah kadang-kadang update website ini.

Nampak koleksi berugak dengan berbagai macam ukuran yang siap untuk dipinang

Jadi untuk harga Berugak atau Gazebo ini tergantung ukuran dan kualitas bahan atau jenis bahan yang digunakan, saya umpamakan saja seperti pada gambar yang anda lihat ini jika ukurannya 2 X 2 meter akan dijual seharga Rp  5,000,000 dan jika ukuran nya 2,5 X 2 meter akan dijual seharga Rp 6.500.000 nah untuk ukuran lain bisa anda perkirakan karena ada ukuran yang lebih kecil bahkan ada yang lebih besar dari yang saya contoh kan di sini, jadi ini sebagai patokan analisa untuk ukuran-ukuran lainnya karena saya tidak sempat tanya-tanya harga untuk ukuran yang lainnya

Di tempat work shop dipajang sekalian tempat transaksi pembelian

Semua harga Berugak atau Gazebo ini sudah termasuk dengan atapnya dan ongkos kirim di dalam kota Mataram dan sekitarnya jika pengiriman berlokasi jauh ke luar kota ada tambahan biaya sekedar nya. Ada dua pilihan atap yang bisa anda pilih, bisa dengan atap alang-alang atau dengan atap genteng tergantung selera tapi jika menggunakan atap genteng anda harus siapkan pasir dan semen untuk pemasangan bubungan atap di tempat lokasi pemasangan, hanya ini yang tidak termasuk. Yah, jika tidak berkeberatan saat pemasangan untuk tukang nya anda siapkan kopi atau teh lah ya.

Berugak ukuran 2 X 2 meter siap dipinang
Berugak Sekenem atau berugak berkaki enam dengan jumlah tiang 6 harga Ukuran 2 X 4 meter Rp 9.500.000
Bentuk tiang berugak ukuran 2,5 X 2 meter
Contoh lantai Berugak secara keseluruhan sama.

4 Replies to “KERAJINAN BAMBU GUNUNGSARI DAN BERUGAK LOMBOK”

    1. Maaf kalau masalah harga stiap item penjualan saya tidak tahu, saya hanya menulis info saja terkecuali harga berugak baru saya tau karena sohib itu yang buat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *