PANTAI SEMETI LOMBOK SELATAN

Dalam beberapa tahun terakhir ini banyak hal yang baru bisa terexpose dengan cepat dikarenakan peran andil dari teknologi informasi yang didukung oleh perangkat smart phone dengan aplikasi androit hingga  lokasi-lokasi objek wisata yang sebelumnya hanya dikenal oleh beberapa gelintir orang kini sangat cepat tersebar lokasi keberadaan suatu objek jika setiap pengunjung mengambil gambar lalu di-posting di media sosial terutama Facebook, jujur saya sendiri pertama kali mengenal pantai Semeti dari media Facebook yang di-posting oleh kawan-kawan dari club motor touring yang berbasis di kota Mataram, hal ini bisa dianggap sebagai sumbu yang mengundang orang-orang untuk mengunjungi lokasi ini.

Dari atas batu pantai Semeti kita arahkan kamera ke pantai Mawi tapi pantai Mawi tersembunyi di teluk, di balik bukit.

Lokasi pantai Semeti benar-benar tidak saya sangka berada tidak jauh dari lokasi yang sudah 2 kali saya kunjungi yaitu pantai Mawi yang masuk dalam wilayah desa Selong belanak, kec. Pujut, hanya saja jalur menuju pantai Semeti tidak terbentuk seperti jalan yang sering dilalui kendaraan bermotor hanya menyerupai jalan lalu-lintas ternak, kerbau atau sapi sehingga walaupun pernah melihat jalur ini tapi saya enggan untuk cari tau ada apa di ujung jalur ini. Jika anda baru saja tiba di lokasi parkir motor atau mobil yang sangat kecil ini pantai Semeti tampilan-nya tidak jauh beda dengan pantai Mawi ( sama tapi tak serupa ) jalur masuk ke lokasi pantai Semeti masih satu gerbang dan bisa menuju pantai Selong belanak menyusuri jalur pantai tapi jalan ini hanya berupa jalan tanah sewaktu waktu bisa becek dan berlumpur.

Setelah mengunjungi pantai Semeti sekalian juga kunjungi pantai seger ya, jika saat siang hari yang pasti akan lebih bagus dari ini.

Beberapa tahun terakhir ini pantai Semeti sangat ramai di-posting di instagram sehingga banyak kalangan anak muda yang penasaran ingin mengunjungi pantai Semeti terutama karena keindahannya yang sangat menakjubkan merupakan batu cadas yang terukir oleh debur ombak hingga menyerupai batu candi layaknya kita melihat candi Prambanan dari kejauhan dalam siluet, maaf mungkin ini adalah bahasa kiasan yang kurang mendekati tapi pecahan textur batu ini terbentuk seperti candi yang secara terus menerus dihempas kerasnya gelombang yang membentuk lokasi ini hingga terlihat sangat indah dan terlihat unik terutama para ahli fotografi sangat tau dari sisi mana capture-capture pengambilan gambar secara seni fotografi karena lokasi ini cukup luas dan banyak sudut-sudut yang bagus untuk pengambilan gambar.

Sebelum turun menuju pantai Semeti bisa kita ambil foto pantai sebelahnya yaitu pantai Selong Belanak.

Tidak semata hanya lokasi ini saja bisa di jadikan objek untuk fotografi jika anda berada di atas puncak batu di pantai Semeti ketika anda membidikkan objek ke arah pantai Mawi atau pantai Selong Belanak juga menampilkan hasil yang sangat bagus dengan menampilkan bukit-bukit cadas yang jauh di sana yang nampak kabur berwarna abu-abu dan air laut yang jernih serta gelombang-nya yang mengukir lautan biru menjadi indah bagaikan lukisan naturalis. Perlu berhati-hati di sini dengan kamera atau smart phone anda selain anda akan kemungkinan terpeleset hingga handphone anda jatuh ter-hempas batu, juga deburan ombak di lokasi ini sangat keras hingga akan menjadikan tempias yang memungkinkan anda basah atau kamera terkena air laut yang pasti bahayanya karena mengandung zat garam.

Selain itu di lokasi ini pernah menelan korban sepasang kekasih yang sedang berkunjung ke lokasi ini ketika berusaha selfy di atas batu, sang wanita terpeleset jatuh ke air kemungkinan ter hempas batu, lalu sang cowok yang hendak menyelamatkan kekasih ikut juga terperosok dan terseret ombak hingga hingga ke dua nya tewas, kawan-kawan yang ikut talam trip tersebut melaporkan ke kejadian itu dan hari itu mayat sang wanita dapat ditemukan sementara yang laki ditemukan di kemudian hari. Peristiwa na’as ini terjadi pada tanggal 16 Januari 2018 adalah warga desa Kawo kab. Lombok Tengah, untuk itu dari peristiwa ini kita ambil pelajaran agar lebih berhati-hati di sini.

Nah jika cuaca cerah yang pasti tampilan pantai Semeti akan lebih bagus lagi.

Perlu berhati-hati juga untuk meng explore lokasi ini sangat di butuhkan kecekatan untuk melewati medan-medan sulit dan saya sarankan hanya bagi yang muda-muda saja untuk lansia ( lanjut usia ) jangan ya karena harus manjat tebing bebatuan dan berjalan jongkok untuk melewati beberapa rimbunan semak yang berduri serta jalurnya hanya jalan setapak kecil saja.

Selain itu di lokasi ini banyak hewan laut sejenis kepiting yang mengundang perhatian keluar masuk ke dalam celah-celah batu cadas yang terkena hempasan ombak, burung camar cukup ramai menghiasi lokasi ini berterbangan sambil menghujamkan seluruh badannya masuk ke dalam air untuk mendapatkan ikan bahkan ada beberapa yang terlihat bertengger di atas batu cadas selain itu pernahkah anda mendengar di Lombok ada pasir merica ? Silahkan bagi yang mau mengoleksi sekedar dengan botol Akua bisa anda ambil di depan pantai lokasi parkir pantai Semeti.

Perlu diperhitungkan jika saat musim hujan untuk mengunjungi pantai Semeti mobil akan bergerak seperti belut

Nah penasaran kan dengan pantai Semeti ? Hayo ke Lombok datang ke tempat ini lokasinya di pantai selatan pulau Lombok kecamatan Pujut kabupaten Lombok Tengah tinggal jadwalkan kesempatan anda untuk mengunjungi Lombok hubungi penulis blog ini nanti kami desain rencana kedatangan anda selama di Lombok hingga check out bandara dan mengirimkan itinerary lewat email tapi saya saran kan jangan datang pada musim hujan karena akses menuju jalan ini akan menjadi medan berlumpur dan sangat susah melewati medan menuju lokasi pantai Semeti atau alternatif lain jika anda sangat suka berjalan kaki kendaraan akan kita parkir di lokasi aman lumpur lalu kita berjalan sejauh 1 km dekat kan ? memang harus berjuang sedikit menuju lokasi ini karena wisatawan malaysia sudah banyak yang berkunjung ke lokasi ini mereka tahu info lokasi ini karena mereka juga membaca blog tentang pantai Semeti yang indah ini.

2 Replies to “PANTAI SEMETI LOMBOK SELATAN”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *