PURA MERU CAKRANEGARA LOMBOK

Pura Meru berlokasi di Kelurahan Cakra Barat, kecamatan Cakra, kodya Mataraman berlokasi sangat dekat dengan pura Mayura hanya di seberang jalan arah selatan juga di samping barat pura Meru terdapat pasar Cakranegara, pura Meru dibangun pada tahun 1720 oleh I Gusti Anglurah Made Karangasem sebagai simbol persodaraan antara kerajaan kerajaan kecil Karangasem Sasak dan untuk tempat beribadah bersama, pura Meru didedikasikan kepada 3 dewa yaitu Dewa Brahmana, Dewa Siwa dan dewa Wisnu sebagai wujud simbol dari 3 gunung yang dianggap suci oleh umat hindu yaitu : gunung Agung di Bali, gunung Rinjani di Lombok dan gunung Semeru di Jawa Timur digambarkan pura Brahma milik gunung Agung yang beratap 9 dan pura Siwa memiliki gunung Rinjani yang beratapkan 11 dan pura Wisnu milik gunung Semeru hingga nama gunung Meru diambil dari kata Semeru.

Ke 3 pura tersebut memilki arti warna pada pemberian warna kain pada acara pindahan dimana pura Brahma di selimuti warna kain merah yang artinya Api dan pura Siwa diberi warna putih yang merupakan simbol air untuk menyucikan untuk abu setelahdikremas sebelum dihanyutkan ke laut dan pura Wisnu akan diberi warna hitam yang berarti kegelapan sebagai simbol kehidupan setelah kematian.

2 Replies to “PURA MERU CAKRANEGARA LOMBOK”

  1. nice photo and info. kalau mau liburan kesana kita bisa menggunakan transportasi apa aja ya? sama biaya 1x perjalanan ke sana kira2 berapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *