PESEPEDA KPK SAMBIL OTT MENAKLUKKAN TANJAKAN BUKIT MEKAKI DI LOMBOK

Jangan sekali-kali meremehkan KPK untuk urusan gowes jauh, team ini sangat tangguh walaupun terdiri dari orang-orang yang sudah dikatagorikan tua, namun tenaga dan spiritnya tak kalah dengan anak muda, kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman OTT ( Oprasi Tanjakan Tinggi ) bersama KPK, tentunya anak muda harus iri dengan ketangguhan KPK, team KPK itu sendari terdiri dari 4 orang yang sudah cukup berumur saya sebut saja orangnya: H. Hanafi ( Ketua ) pak Yasin ( wakil ) saya sendiri sebagai Sekretaris dan Mahmud Yunus sebagai Bendahara.

Sepanjang ruas jalan kami sangat jarang berpapasan dengan kendaraan jenis apapun

Penobatan kepengursan KPK sesuai dengan uji kemampuan di tanjakan Jurang “Gerepek” yang tak jauh dari pelabuhan Lembar. OK Kita beralih ke pembahasan inti, team KPK yang di dampingi oleh goweser CSB (Campur Sari Bersepeda) ke rute kita kali ini untuk menuju pantai Mekaki, kedua team ini berangkat dari kota Mataram, berkumpul di depan kantor bank BI cabang Mataram kemudian berangkat bersamaan melalui jalan Airlangga ke arah selatan menuju pelabuhan Lembar, setelah sampai di pelabuhan Lembar sebelum dermaga Ferry tepatnya di simpang tiga jalan yang menuju ke arah kecamatan Sekotong mereka sarapan bersama di sebuah warung sederhana sebelum melanjutkan perjalanan.

Team CSB terliaht lebih enerjik jika dibandingkan dengan team KPK

Selesai sarapan kedua team melanjutkan perjalanan menuju arah kecamatan Sekotong, kabupaten Lombok Barat, tantangan pertama yang mereka harus taklukkan adalah saat melintasi tanjakan jurang Gerepek, cukup tinggi, tanjakan Gerepek terdiri dari 3 kelok untuk harus sampai ke puncak jalan aspal, walaupun ada sebagian team KPK yang harus takluk dengan tanjakan ini tapi team CSB cukup mengakui ketangguhan team KPK karena jika dilihat dari umur mereka yang sudah tergolong tidak muda lagi.

Total jumlah peserta yang ikut bisa anda hitung di sini

Selanjutnya setelah ke dua team tiba di kecamatan Sekotong Tengah, ada 2 pilihan jalur, yaitu jika berbelok ke arah kanan maka jalur ini biasanya untuk tujuan ke arah Bangko-bangko, kesepakatan kedua team harus mengambil jalur kiri saja karena jalur ini sekalian bisa mampir di tujuan objek wisata savana Buwun Mas yang baru-baru ini tersohor, rute ini sangat teduh karena terdapat banyak pepohonan rindang, tapi cukup menghangatkan badan karena tak kalah banyak tanjakan yang harus dilalui juga. Dengan sedikit susah payah akhirnya kedua team sampai juga di view point Buwun Mas bagian bawah setelah mengayuh sepeda MTB sejauh 45 km tapi view poin yang di bawah lokasi savana Buwun Mas tidak harus menguras tenaga karena jika kita menuju savana Buwun Mas meski harus naik ke atas bukit, yang pasti kedua team tidak singgah di lokasi savana Buwun Mas.

Sepanjang perjalanan kami menghadapi banyak tanjakan

Selesai beristirahat, kami pun sepakat untuk melanjutkan perjalanan menuju pantai Mekaki yang berada di bagian barat, team KPK sedikit terlihat ragu-ragu tapi harus berani menerima tantangan team CSB, tekad sudah terlanjur harus sampai di bukit Mekaki akhirnya kami berangkat juga yang diawali dengan medan turunan yang cukup menghibur, tapi setelah itu sedikit demi sedikit beberapa tanjakan sudah memperlihatkan jati dirinya, hemmmm…!!! nasi sudah terlanjur menjadi bubur seperti itu juga terasa di pantat yang bagaikan terasa seperti sudah jadi bubur.

Pak Yasin wakil ketua KPK

Sesi ini cukup melelahkan tetapi menyenangkan juga karena banyak panorama pantai yang sangat membuat hati kami kagum dan terasa damai, tekad pun harus bisa sampai di bukit Mekaki, jarak sudah tidak kami hiraukan yang ada dalam pikiran kami harus bisa menjumpai tempat-tempat yang indah untuk kita kenang nanti. Team CSB yang sebelumnya terlebih dahulu pernah ke sini sangat menguatkan kami dengan semua cerita indahnya itu dan sangat membantu tenaga KPK yang sudah lemah menjadi kuat. Team KPK benar benar ingin OTT di sini, dan bisa dibuktikan meskipun harus ada yang bantu dari belakang untuk mendorong hingga sampai di puncak jalan aspal yang menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Walaupun tenaga sudah terkuras habis wajah kami harus tetap nampak bahagia

Terik matahari sangat terasa menghajar tapi tak ada alasan untuk harus menyerah, hingga pada akhirnya kedua team bisa sampai di bukit Mekaki, sambil menikmati keindahan pantai Mekaki dari atas permukaan jalan yang ada di puncak bukit. Target sudah tercapai, tenaga sudah terkuras, perjalanan pulang kita lanjutkan dengan muka-muka terlihat kusut, berhenti sejenak untuk makan siang di kota Pelangan, selanjutnya berangkat pulang sambil menyaksikan suasana matahari semakin redup menuju kegelapan malam dalam perjalanan, kedua team KPK dan CSB sukses menaklukkan tanjakan Mekaki walaupun terdapat banyak halangan dan ganjalan, karena 2 sepeda tidak bisa digunakan lagi karena rusak ringan tapi meskipun rusak ringan tetap saja tidak bisa kami gunakan, untunglah ada pengawalan 2 sepeda motor dalam penaklukan gowes menuju Mekaki ini sehingga untuk urusan sepeda bisa terselamatkan tanpa ada kendala.

Aksi tangguh bapak ketua KPK (H. Hanafi)

KETERANGAN

KPK yang kami maksudkan di sini bukan “Komisi Pemberantasan Korupsi” tapi KPK di sini singkatan dari “Kelompok Para Kakek” dan OTT adalah “Operasi Tanjakan Tinggi.” Sekian semoga cerita gowes kali ini bisa menginspirasi anda semua. “Salam Olahraga”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *