HIKING & CAMPING KE BUKIT PERGASINGAN (2H/1M)

MENGUNJUNGI :
Taman Narmada
♥ Bukit Pergasingan
Air Terjun Umar Maya
Air Terjun Tiu Teja
Pantai Malimbu

HARGA SUDAH TERMASUK :
♥ Transport AC
♥ Tour Guide ( Jika lebih dari 5 orang peserta )
♥ Tiket Masuk Objek Wisata
♥ Biaya Parkir
♥ Tenda
♥ Roll Mattress
♥ Sleeping Bag
♥ Bantal
♥ Lentera
♥ Toilet Tent ( Jika lebih dari 5 peserta )
♥ Tongkat Gunung
♥ Porter
♥ Alat-alat Masak
♥ Dinner dan Breakfast ( di bukit Pergasingan )
♥ Lokal guide air terjun

HARGA Rp 2,800,000 / 2 Orang

NOTA

Peserta bisa menentukan lokasi untuk tidak dikunjungi sebagaimana seperti yang tertera dalam paket dengan maksud agar bisa lebih lama di lokasi kunjungan yang lain atau karena alasan tidak menarik untuk dikunjungi, extra tambahan Rp 900.000 / Orang dari setiap tambahan jumlah peserta dan tipe mobil yang akan digunakan akan disesuaikan dengan jumlah peserta tour, Dalam hal ini kami tidak menawarkan paket tapi kami memberikan keleluasaan untuk mengemas paket sesuai kehendak anda. Semua tour kami ilustrasikan berangkat dari lokasi hotel di kota Mataram atau di area Senggigi.

Dalam tour harian yang kami buat, kami tidak melibatkan diri dalam urusan hotel atau urusan tempat makan karena kami ingin memberikan keleluasaan dalam hal memilih kriteria sesuai butget atau kelas yang dikehendaki, tapi bukan berarti kami tidak bisa membantu untuk mengemas semua dari rencana kunjungan anda di Lombok, tentu dalam hal ini kami siap membantu untuk merekomendasikan tempat hotel yang nyaman, murah dan sesuai dengan yang diharapkan. Begitu juga tempat makan atau prasmanan kami siap untuk membantu mengorganize jika kedatangan anda adalah group.

Untuk kunjungan pada bulan-bulan tertentu pada puncak musim ramai harga paket tour kami naik kan 10% karena biaya operasional di setiap lini ada kenaikan yang cukup signifikan terutama pada bulan Agustus ( puncak liburan Eropa ) dan 25 Desember sampai 5 januari ( liburan akhir tahun ) Sewaktu-waktu semua harga bisa berubah terkecuali bagi yang sudah melakukan pembayaran deposit sebesar 50% dari harga paket yang sudah disepakati.

Extra tambahan Rp 100.000 / orang jika ingin menggunakan “air mattress”

ITINERARY

Sesuai kesepakatan tour kita mulai dari lokasi area Senggigi atau kota Mataram, tapi jika agenda pen jemputan dari lokasi bandara atau tempat lain nanti ada perhitungan tambahan biaya sesuai jumlah peserta tour, paket ini memang paling fix mesti harus 2 hari / 1 malam, dengan perhitungan paling lambat jam 2 sore kita harus tiba di desa Sembalun karena mengingat untuk perjalanan mendaki ke bukit Pergasingan akan kita tempuh selama 2 – 3 jam.

Tentu jika ada peserta yang merasa kurang terbiasa mendaki kita mesti sesuaikan waktu lebih cepat untuk start dari check in point atau tempat pembayaran tiket masuk wisata, saran saya sebaiknya lebih cepat lebih baik untuk sampai di atas bukit Pergasingan mengingat tempat lokasi mendirikan tenda yang bagus atau datar sangat terbatas di atas bukit Pergasingan, jadi  mesti harus dulu-duluan mengambil tempat kapling terutama jika kita camping jatuh pada malam Minggu.

Taman Narmada Lombok Barat

Tentunya akan banyak sekali para muda mudi dari pulau Lombok sendiri yang akan datang berkemah di bukit Pergasingan. Tentang sejarah masuknya agama hindu di Lombok dan kerajaan Mataram, di taman Narmada ada situs sejarah yang ditinggalkan untuk lebih jelasnya nanti ada guide lokal yang akan menjelaskan nya atau bisa membaca tulisan-tulisan di setiap objek yang akan menjelaskan nya lebih detail. Kira-kira kita habiskan waktu 1 jam atau 1,5 jam untuk berjalan-jalan berkeliling di taman Narmada setelah itu kita lanjutkan perjalanan menuju kabupaten Lombok Timur. 

Kira-kira kita akan tiba di Lombok Timur sekitar jam 12 siang, di sini kita bisa berhenti untuk mencari tempat makan siang tapi jika perut masih terasa kenyang alias belum lapar kita lanjutkan perjalanan menuju kecamatan Sembalun kira-kira kita tiba jam 1 siang dan di Sembalun kita cari tempat makan siang. Setelah itu kita masih ada sisa waktu kira-kira 0,5 jam untuk melihat agrowisata sekitar Sembalun atau sebaiknya kita segera ke lokasi check in di gerbang pendakian Pergasingan.

View dari atas bukit Pergasingan

Sebelum menuju check in point di kaki bukit Pergasingan dan bertemu dengan para porter yang akan membantu dan memandu kita naik ke atas bukit Pergasingan dengan ketinggian elevasi 1.700 m dpl sementara desa Sembalun berada pada posisi ketinggian 1.100 m dpl jadi tinggi bukit Pergasingan yang akan kita daki hanya 600 meter saja, waktu normal bisa kita daki 2,5 jam saja.

Setelah pagi menjelma kira-kira jam 6 ada sunrise yang akan menyapa dari arah timur, dan juga porter akan menyapa dengan sarapan pagi pisang goreng tepung, pancake dan kopi hangat, setelah itu kira-kira jam 7 kita sudah harus turun dari bukit Pergasingan tapi perjalanan turun lebih cepat kira-kira 2 jam perjalanan.

Air terjun Umar Maya di desa Bilok Petung

Mesti mempersiapkan tumpuan dengkul karena akan sangat terasa pada saat turun dari bukit Pergasingan nantinya, setelah tiba di bawah mobil sudah menunggu untuk membawa kita ke tujuan berikutnya yaitu menuju 2 air terjun di desa Bilok Petung yang diantara kedua air terjun ini berdekatan yaitu : air terjun Madu dan air terjun Umar Maya yang berjarak 15 km dari bukit Pergasingan.

Ada pemandu lokal yang akan menunjukkan tempat lokasi ini, kira-kira jam 11 kita sudah harus bertolak menuju desa Segenter yang berjarak 20 km dari desa Bilok Petung, kita akan mengunjungi rumah adat sasak Lombok Utara yang masih sangat tradisional dengan kesederhanaan gaya hidupnya.

Air terjun Tiu Teja di desa Santong

Selepas dari sini selanjutnya kita akan mengunjungi air terjun yang berada di desa Santong kabupaten Lombok Utara perjalanan 1 jam dari kampung Segenter menuju air terjun Tiu Teja yang berada di ujung jalan desa Santong kecamatan Kayangan kemudian berjalan kaki untuk menuju air terjun sejauh 1 km dengan medan mendaki dan turun ke lokasi air terjun melewati anak tangga sedalam 70 meter tentu jika fisik kita tidak tergolong atletis atau tidak terlatih maka ini akan sangat melelahkan .

Di sekitar lokasi ini belum didukung oleh adanya restoran yang memadai karena tidak ada travel agent yang mengarahkan paket wisata ke lokasi air terjun ini, jadi untuk alternatif tempat makan siang kita menuju pantai Kayangan yang hanya 12 km dari lokasi air terjun Tiu Teja ke arah kota Mataram, banyak pedagang ikan bakar yang berjejer sepanjang pantai di bawah pepohonan yang rindang tapi yang pasti kita akan telat makan siangnya.

Kira-kira jam 3 siang kita sudah selesai, selanjutnya kita akan menuju pantai Malimbu dan tiba kira-kira jam 05:30 sore, setengah jam kita gunakan untuk berfoto-ria sebelum matahari terbenam di daratan pulau Bali dan selesai di sini kita bertolak ke Hotel. Apabila ada agenda lain seperti halnya dinner di luar lokasi hotel, belanja oleh-oleh, berobat mengunjungi klinik kesehatan, Apotik, rumah sakit dan lain-lainnya kami siap menemani hingga acara selesai sebagai wujud tambahan extra dari pelayanan kami.

Porter yang selalu akan membantu kita selama di bukit Pergasingan
Menu makan malam di bukit Pergasingan
Sarapan pagi di bukit Pergasingan
Dapur dan para porter ready untuk menu masakan malam

CATATAN :

Trip inti adalah Camping di bukit Pergasingan sementara destinasi lainnya dapat dikondisikan sesuai situasi atau keadaan di lapangan, termasuk dapat mengganti dengan tujuan destinasi lainnya selama waktu bisa menyesuaikan, misalnya perubahan bisa digantikan dengan tujuan air terjun Mangku Sakti atau air terjun Tiu Kelep tentunya jika ada pembengkakan biaya maka biaya tambahan akan disesuaikan sesuai permintaan di lapangan seperti biaya sewa sepeda motor menuju air terjun Mangku sakti Rp 75.000 / orang atau  guide lokal di air terjun Tiu Kelep Rp 50. 000 untuk satu orang. 

KEPERLUAN PENTING YANG DISARANKAN UNTUK DIBAWA

CELANA PENDEK : Sangat disarankan saat pendakian agar lebih leluasa saat berjalan.

CELANA PANJANG : Diperlukan saat menjelang petang tiba karena cuaca akan segera berubah menjadi dingin.

BAJU HANGAT : Bisa dikatakan harus karena temperatur pada ketinggian akan sangat dingin.

TAS KECIL : Tas yang dimaksud seperti halnya tas sepeda gunung yang bisa difungsikan untuk tempat menaruh air minum dan perlengkapan kecil lainnya.

SEPATU GUNUNG : Sepatu gunung jika ada.

SANDAL GUNUNG : Merupakan perlengkapan yang harus karena selama pendakian kaki ada saat untuk diajak rilex juga sangat bagus untuk medan turunan karena ujung kaki akan tersa sakit bila menggunakan sepatu.

SARUNG TANGAN : Sarung tangan sangat bermanfaat saat suhu udara dingin sekali.

CUP LOCK : tidak seperti halnya sarung tangan tapi akan lebih baik saat berada di luar tenda akan membuat terasa nyaman untuk mengurangi rasa dingin.

TISSUE BASAH : Selama di bukit Pergasingan mungkin kita akan tidak mandi, tissue basah mungkin sedikit membantu untuk membersihkan muka dari debu.

BALSEM : Perlu untuk dipersiapkan untuk menjaga kemungkinan kaki menjadi keram.

SENTER : Tentu selama di bukit Pergasingan tidak ada listrik jadi saat malam senter sangat berperan saat hendak berjalan- jalan di sekitar.

POWER BANK : Sangat penting untuk membantu batrai pada hanphone anda terutama saat berada di atas bukit Pergasingan.

P3K : Untuk menjaga kemungkinan bisa membawa sekedar obat merah atau obat sakit perut