Diving Gili Trawangan

 English

Banyak para pelaku pariwisata di Lombok yang tidak menyadari asal mula Gili Trawangan bisa dikenal oleh para wisatawan. Terutama wisatawan mancanegara yang dulunya Gili hanya dihuni oleh sekelompok nelayan tradisional keturunan Bugis (Sulawesi)

Daratan pulau Gili Trawangan terdiri dari kebun kelapa dan pohon cemara dibagian pesisir pantai. Kemudian beberapa investor kecil sekitar tahun 1980 an melirik pulau ini untuk dijadikan tempat persinggahan wisatawan yang ber butget pas-pasan (back packer) yang suka dengan kesunyian dan suasana pantai, disertai dengan dibangunnya beberapa unit bungalo.

Fun dive on Gili Trawangan

Dulu Gili sangat dikenal dikalangan para pelaku pariwisata yaitu merupakan tempat destinasi backpacker. Saat itu intensitas penyeberangan sangat minim sekali, menggunakan perahu bermesin kecil dengan kapasitas maksimal hanya 10 orang penumpang dengan waktu tempuh paling cepat 45 menit.

Jika air laut dalam kondisi tenang dan bisa memakan waktu 1 jam jika kondisi berangin. Kemudian saat itu kawasan wisata Senggigi merupakan primadona utama bagi wisatawan yang hendak mengunjungi pulau Lombok, tapi sekarang ini sudah merupakan kisah cerita yang indah bagi para pelaku bisnis pariwisata yang berbasis di kawasan pantai Senggigi.

Group Diver departs to spot dive

Seiring waktu banyak dive shop yang berkembang di kawasan Senggigi dan Gili merupakan destinasi menyelam atau diving, para perusahaan selam atau dive shop di Senggigi membuat itinerary untuk melakukan diving di sekitar 3 Gili (Trawangan, Meno dan Air)

Dengan menyediakan transport antar – jemput dari hotel, kemudian dibawa ke pelabuhan teluk Nara atau Teluk Kodek dengan shuttle mini bus, barulah menggunakan boat yang sudah dirancang untuk kebutuhan diving.

Karena bentuk interior boat kayu ini ada slot-slot untuk menaruh tangki oksigen untuk diving, peserta dibawa ke spot-spot selam yang sudah di jadwalkan oleh dive master yang berkantor di Senggigi. Seiring bergulir-nya waktu para pengusaha diving melebarkan sayap usaha diving dengan membuka cabang-cabangnya di pulau Gili atau di tiga Gili (Air, Meno dan Trawangan)

Gili Trawangan is photographed from the Jetty or the main dock

Dari sinilah cikal bakal berkembangnya pariwisata di tiga Gili terutama Gili Trawangan karena setiap cabang dive shop juga menyediakan kamar-kamar untuk penginapan peserta diving terutama yang mengikuti kursus untuk mendapatkan lisensi.

Kemudian diikuti oleh pengusaha yang bergerak di bidang perhotelan yang nampak muncul pertama kalinya yaitu hotel Vila Ombak yang dulunya juga selain hotel terdapat diving Academic Vila Ombak.

Peta lokasi menyelam di 3 Gili

Saat ini bagi yang hendak melakukan kegiatan diving di Gili sudah terdapat banyak pilihan tempat atau sudah banyak pilihan perusahaan diving, diperkirakan sekitar 15 dive shop, diantaranya: Blue Marlin Dive, Blue Marin Dive (menggantikan posisi Blue Marlin) Rinjani Dive (sekarang sudah tidak ada lagi) Bagus Dive (berbasis Jepang sudah tidak ada) Blue Coral Dive (sekarang sudah tidak ada di Trawangan tapi ada di gili Air) Budha Dive (dulunya Dive Indonesia), Dream Diver berbasis Jerman, Big Bubble Dive, Aquadic, Manta Dive, Trawangan Dive, Lombok Dive, Gangga Dive, Diversia, DSM yang berbasis prancis dan Lutwala Dive.

One of the dive shops on Gili Trawangan before Blue Marlin is now a Blue Marine, the owner is different

Untuk harga satu kali Fun Dive di semua tempat harganya sama yaitu US $ 35 untuk 1 X fun dive dan ada tambahan biaya US $ 5 untuk mendanai LSM asing “Gili Echo Trust” yang mengurus kelestarian Gili, baik itu sampah atau pun terumbu karang termasuk juga mengenai hal zona ketertiban para pelaku bisnis di Gili Trawangan maupun Gili lainnya.

Gili Echo Trust sangat berperan sebagai konsultan, jadi maksudnya bila anda ingin melakukan penyelaman atau diving 3 kali sehari maka anda akan di kenakan extra tambahan US $ 5 sama dengan yang melakukan satu kali diving atau menyelam akan dikenakan US $ 5 / hari.

Course atmosphere at the Dive shop pool

Bagi yang belum mempunyai lisensi bisa juga melakukan diving dengan cara harus dikawal oleh dive master atau dengan istilah lain yaitu DSD (Discover Scuba Dive) sebelumnya diajarkan teorinya di atas meja dimulai jam 10:30 am.

Terlebih dahulu dengan mengisi form selanjutnya akan dijelaskan aturan dan ketentuan langkah-langkah untuk melakukan diving, kemudian akan diajak menuju lokasi safety box untuk mengganti pakaian menggunakan wetsuit atau pakaian diving.

Selanjutnya ke kolam utnuk belajar teori sebelum diajak ikut dengan grup lain ke spot diving pada jam 2 siang tapi bayarannya 2 kali lipat yaitu US $ 70 dan nanti akan diberikan sertifikat, bagi yang hendak melakukan kursus diving bisa dilakukan di Gili dengan lama kursus antara 3 hari atau 4 hari tergantung jenis paket yang di-kursus kan misalnya:

The DSD (Discover Scuba Diving) course explains the theory in Pond before being invited to join the group diving to the sea.

PADI Courses

  • Discover Scuba Diving 1 atau 2 hari termasuk 1 x menyelam Rp 900.000
  • Open Water course ( bersertifikat ) 3 atau 4 hari termasuk 4 x menyelam Rp 5.500.000
  • Refresh your skills 1 atau 2 hari termasuk 1 x menyelam
  • Advanced Open Water 2 atau 3 hari termasuk 5 x menyelam Rp 4.500.000
  • Rescue Course + EFR 4 atau 5 hari termasuk 5 x menyelam Rp 7.000.000
  • Dive master-approx 5 x menyelam Rp
  • Divemaster course Rp 14.000.000
  • Adventure Diver Course Rp 3.400.000

Fun Dives

  • Small Group
  • All Dive Organisations Welcomed
  • Dives and Dive Guides for all Levels
  • Private Guides Available
  • Private Boat Charter

Di setiap dive shop masing masing memiliki instruktur atau dive master yang berbahasa Prancis, Jerman, Belanda, spanyol, Rusia, Jepang dan lainnya orang orang tersebut memang berasal dari negara asal yang dengan sengaja di-pekerja kan untuk mendukung dari sisi bahasa penunjang supaya bisa melayani secara maksimal setiap pengunjung dari negara-negara tersebut.

Yang pasti dive master WNI juga banyak yang profesional  dan berpengalaman untuk lebih jelas bisa langsung minta dihubungkan ke dive master agar bisa dijelaskan secara improvisasi dan bisa menanyakan mengenai segala hal perubahan atau perkembangan yang terkini di Gili Trawangan.

BERIKUT INI HARGA KURSUS SESUAI SPESIFIKASI

Diving DSD

Padi Adventure

PADI Divemaster

PADI Rescue Dider Course

Divemaster Course

Advance Openwater Course

Lombok Dive

Lombok Dive

Turtle

Shark

Gili Meno Snorkeling Spot

Coral Fish

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

6 − five =