Benang Kelambu

English

Air terjun Benang Kelambu. Lokasi wisata alam ini berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, Kecamatan Batu Keliang Utara.

Merupakan bagian dari sejumlah rentetan air terjun yang mengelilingi lereng gunung Rinjani. Air terjun Benang Kelambu ini berada pada bagian selatan lereng gunung Rinjani. 

Menghirup udara segar dibawah luncuran Benang Kelambu

Bila hendak mengunjungi tempat ini datang jika anda datang dari arah kota Mataram ada dua jalur pilihan melalui jalur Sayang-sayang – Suranadi – Sesaot dan keluar di pasar Kekeru.

Jalur ini saya rekomendasikan selain sepi lalulintas juga banyak menyuguhkan pemandangan sawah dan kebun yang indah. Tapi jalur ini lebih jauh dibandingkan dengan jalur utama.

Melalui jalur Mataram – Narmada – Mantang lalulintas sangat ramai selain itu sebagian pemandangan terhalang oleh bangunan pertokoan dan lain sebagainya sepanjang jalur ini hingga ke kabupaten Lombok Timur.

Sebelum Mantang ada 2 jalur berbelok ke kanan yaitu jalur utama menuju Labuhan Lombok dan jalur lurus dengan pekerasan jalan lebih sempit menuju Aik Bukak setelah kira-kira 7 km sampai di pasar tradisional Tratak ada petunjuk ke arah kiri BENANG STOKEL nah setelah masuk 300 m anda akan disuguhkan pemandangan pematang sawah yang indah dan luas.

Beberapa anak tangga di lokasi airterjun, akan menjadi tantangan bagi para pengunjung

Hingga menembus lereng gunung Rinjani di sini anda bisa berhenti turun dari kendaraan untuk mengambil foto sepanjang jalan hingga tempat parkir di area air terjun. tapi sebelumnya akan anda jumpai base camp Lombok Rafting dikiri jalan tengah sawah.

Setiba di lokasi area parkir setiap pengunjung harus datang ke kantor reservasi untuk kepentingan registrasi dan administrasi serta membayar tiket masuk, di sana ada paket-paket pilihan yang melibatkan guide lokal dengan maksud untuk memberdayakan penduduk setempat. Paket Tour

Di sekitar kawasan terdapat Air terjun Benang Stokel (10 menit jalan kaki) dan air terjun Benang Kelambu (30 menit jalan kaki) menyusuri perkebunan.

Para pengunjung yang selalu takluk dengan anak tangga ini

Selain itu jika anda ingin menggunakan jasa ojek bisa anda reservasi di parkir area tadi. Yang pasti untuk pilihan ke air terjun Benang Kelambu akan lebih menguras tenaga karena anda akan berjalan melintasi perkebunan coklat, kopi, pisang, nangka dan juga kebun durian yang pastinya sangat berkesan ketika melihat buah durian yang sangat lebat.

Sebelum tiba di lokasi air terjun anda harus turun menyusuri anak tangga yang sangat panjang hingga sampai di lokasi air terjun Benang Kelambu.

Di lokasi sudah ditata untuk jalur menuju air terjun Benang Kelambu, karena air ini mengalir begitu saja terbuang ke celah tebing dan saat ini pengelola membuatkan kolam tampungan yang bisa digunakan untuk berenang sebelum air terbuang.

Yang pasti air gunung pasti dingin lah ya, jadi di area ini tidak terlalu luas, jika sampai dikunjungi 100 orang akan sangat terlihat berjubel. Setelah mandi sepuasnya maka anda harus siap siap berkeringat lagi untuk naik ke atas menyusuri anak tangga.

Hingga sampai di atas anda bisa istirahat dulu sambil membuang lelah dengan minum kopi yang dapat anda beli di sekitar area, sambil mempersiapkan tenaga untuk balik ke lokasi area parkir.

Berugak di Benang Stokel
Wisata Benang Stokel satu paket dengan mengunjungi wisata Benamg Kelambu

Jika tadi anda datang menggunakan jasa transport ojek tentu tinggal naik motor dan tidak perlu ngopi juga bisa langsung balik ke area parkir.

Alternatif lain untuk balik ke lokasi tempat parkir kendaraan bisa anda gunakan jalur pintas melalui kebun yang terhubung dengan air terjun Benang Stokel dan yang pasti ini bukan jalur motor.

Apalagi nantinya akan menyeberangi parit sebelum sampai di lokasi air terjun Benang Stokel. Jika sudah tiba di lokasi Benang Stokel itu artinya anda sudah dekat dengan lokasi parkir.

2 thoughts on “Berkunjung ke Air Terjun Benang Kelambu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

two + 2 =