Gili Meno island

English

gerbang
Wajah Gili Meno di depan dermaga

“Gili Meno, merupakan bagian deretan 3 pulau yang menjadi destinasi pariwisata yang sudah populer, pulau ini terletak di tengah-tengah antara Gili Trawangan dan Gili Air, di antara ketiga Gili, Gili Meno adalah yang paling kecil daratannya.

Di antara ke 3 Gili hanya Gili Meno yang memiliki danau air asin di bagian barat pulau, dan satu-satunya taman burung terdapat di sini yang sudah beroperasi sejak tahun 2002, hingga saat ini, sebelumnya terdapat 300 koleksi jenis burung.

Lihat Juga: Hotel di Gili Meno

Terakhir ini banyak juga yang mati, bila hendak mengelilingi dengan berjalan kaki akan menghabiskan waktu sekitar satu jam. Di antara 3 Gili, Gili Meno terdapat penginapan paling sedikit. Terdiri dari bangunan penginapan yang kebanyakan berupa bungalo dan berjarak panjang antara satu sama yang lainnya.

Situasi Gili Meno

Gili Meno
Suasana di depan Kontiki Bungalow di sisi timur pulau

Masih banyak terlihat semak-semak di pinggir pantai, jalan pesisir berupa jalan tanah dan sebagian masih berupa hamparan pasir pantai, hampir tidak ada jalan yang menggunakan pekerasan bila dibandingkan dengan Gili Trawangan.

Taman laut di Meno jauh lebih bagus, karang-karang yang masih lestari dan ikan-ikan banyak yang bersemayam di dalamnya.

Pada malam hari sangat hening, jarang terdengar suara musik keras saat tengah malam, lebih mendominasi terdengar suara pohon cemara yang ditiup angin serta suara deburan ombak yang berada di bagian selatan pulau ini.

Transport ke Gili Meno

Sisi Timur
Pantai sisi Timur pulau

Transport Boat reguler sangat sulit terutama pada jam jam tertentu karena publik Boat hanya reguler sekitar jam 8 pagi.

Harga tiket Boat umum Rp 14.000 / orang. Setelah agak siang transport Boat umum sudah sangat sulit, harus menunggu berjam-jam baru Boat bisa penuh karena itu sarat untuk bisa dioperasikan.

Alternatif lain dengan carter Boat Rp 350.000 jika ada penumpang yang tidak sanggup menunggu terlalu lama. Untuk menghemat biaya carter Anda bisa coba-coba tanya penumpang yang lagi menunggu boat untuk menyeberang bisa diajak patungan.

Pantai Gili Meno
Pesona pasir putih Gili Meno

Baru-baru ini ada pemberangkatan shuttle Boat ke Pulau ini pada jam 12:00 dan 14:00 tapi harga tiketnya Rp 25.000 / orang ada Fast Boat beroperasi ke 3 Gili dengan harga tiket Rp 85.000 / orang.

Tapi saat ini tidak ada yang beroperasi karena alasan tidak ada tempat berlabuh, walaupun ada dermaga tapi sayang tidak biasa digunakan karena dorongan ombak sangat keras yang bisa menghempaskan Fast Boat ke dinding dermaga. Ada beberapa Fast Boat beroperasi dengan tujuan Padang Bai, Sanur, Serangan, Amed di Bali.

Snorkeling di Gili Meno

Pelabuhan Meno
Rusty Cafe yang berada di sisi Timur pulau hanya berjarak 50 meter selatan pelabuhan umum.

Untuk aktivitas Snorkeling di sangat bagus. Terumbu karangnya sangat indah, terdapat banyak ikan yang beraneka rupa dan ukuran, ada spot Snorkeling Ship wreck atau kapal tenggelam yang dihuni banyak ikan-ikan yang berukuran besar.

Di sisi utara terdapat turtle point atau tempat melihat banyak penyu bersemayam, di sisi sebelah timur bagian utara terdapat karang biru dan terumbu karang seperti pohon cemara.

Ada beberapa dive shop juga yang buka di pulau ini yang tampak pada gambar Rust Cafe dan di depannya tempat yang sangat bagus untuk bersenorkeling.

Spot snorkeling
Snorkeling spot berada di pesisir barat, berhadapan dengan Gili Trawangan

2 thoughts on “Gili Meno Pulau Yang Sepi Pengunjung

Comments are closed.