Spot snorkeling Gili Meno

Publik Snorkeling

Snorkeling Sharing di Trawangan
Saat pemberangkatan Trip snorkeling jam 10:30 AM peserta naik ke atas Boat

English

Pilihan Publik Bersnorkeling dengan cara seperti ini sudah umum di Gili Trawangan, hanya dengan membayar tiket senilai Rp 100.000 / Orang tanpa preservasi pasti Anda sudah mendapatkan tempat duduk di atas Boat.

Dengan kapasitas boat sampai penuh. Tidak ada batasan untuk Publik Snorkeling semasih Boat dianggap bisa menampung peserta, namun batasan minimum ditentukan kira-kira di bawah 10 peserta.

Jangan takut, bukan berarti saat itu Anda tidak akan dapat bersnorkeling. Biasanya peserta yang kurang penumpangnya akan di-share ke tempat lain atau ke tempat jasa Publik Snorkeling lainnya, terkecuali ada waktu-waktu tertentu untuk yang perlu diwaspadai.

Yaitu pada waktu musim kunjungan terutama pada saat liburan natal dan tahun baru, di Gili Trawangan terutama di pesisir timur pulau akan berubah bagaikan lautan manusia.

Sudah tentu, saat-saat seperti ini kalau betul-betul berniat mau bersnorkeling saya sarankan untuk segera me-reservasi jauh hari sebelumnya atau paling tidak satu hari sebelumnya.

Untuk “Publik Snorkeling” Peserta sudah dipersiapkan alat-alat di dalam Glass bottom boat atau Boat trip yang khusus untuk fasilitas snorkeling. Yang di bawahnya terdapat kaca untuk melihat ikan atau taman laut dari atas boat seperti yang Anda lihat pada gambar di atas.

Diperuntukkan bagi yang tidak mau turun untuk bersnorkeling, dari kaca ini peserta bisa melihat keadaan di bawah Boat trip, tapi yang pasti jauh akan lebih mengasikan jika peserta bisa turun ke air untuk bersnorkeling, karena melihat dari kaca di atas Boat tidak jauh lebih baik seperti melihat dari layar televisi.

Publik Snorkeling Trawangan
Suasana di atas Boat snorkeling Trip nampak kaca di dasar Boat dan peserta didominasi oleh bule-bule

Alat-alat yang dipersiapkan di atas boat Publik Snorkeling di antaranya adalah: Google, Snorkel, Jaket pelampung, (bagi yang kurang pandai berenang) dan minuman air mineral botol 600 ml.

Untuk Fin atau kaki-katak, tidak termasuk dalam harga paket Rp 100,000 / orang, harus Anda sewa kisaran Rp 10,000 – Rp 20.000 per pasang tergantung kondisi.

Jadwal pemberangkatan Trip ini dimulai pada pukul 10.30 am sampai jam 03.00 pm tapi harus check in dulu 30 menit sebelum pemberangkatan, Trip ini akan mengunjungi spot di Gili Meno dan spot di Gili Air.

Ada waktu berhenti untuk makan siang, kira-kira 1,5 jam. Bahkan bisa lebih lama kalau musim kunjungan. Karena pihak restoran akan kebanjiran Order, tapi makan siangnya bayar sendiri di restoran pinggir pantai.

Bisa juga bawa makanan ke dalam Boat karena makanan cukup mahal juga kisaran Rp 50.000 sampai Rp 60,000 untuk sekelas Mie goreng dan gado-gado.

Trip Snorkeling Trawangan
Aksi memberi makan ikan di Gili Trawangan sambil bersnorkeling

Sebelum berangkat bersnorkeling disarankan untuk membawa roti, boleh juga yang bekas atau yang kadaluwarsa untuk melakukan feeding fish atau roti tersebut untuk diberikan buat makan ikan-ikan waktu bersnorkeling.

Yang pasti sangat asyik ketika Anda menaburkan roti di depan Anda maka ikan-ikan akan datang menyambar beramai-ramai, bahkan bila roti kita kepal dan kita kasi rotinya sedikit terlihat dalam kepalan tangan maka ikan-ikan yang lagi kelaparan akan menyundul tangan Anda untuk meraih roti yang ada dalam kepalan tangan.

Yang pasti ikannya tidak besar-besar amat, kisaran telapak tangan, terutama hal ini bisa Anda lakukan di spot yang berlokasi di Gili Air.

Kira-kira 30 menit sebelum jam 3 sore, guide snorkeling akan mengajak kita naik ke atas boat untuk balik ke Gili Trawangan.

Jika kedatangan Anda terdiri dari group besar saya sarankan jauh-jauh hari untuk mereservasi trip ini agar kita usahakan grup Anda berada pada boat yang sama atau jika grup Anda terdiri dari 30 orang, Anda bisa membayar Trip ini tetap 100.000 / orang.

Tapi bisa menggunakan Boat yang khusus dan memilih waktu pemberangkatan lebih fleksibel tanpa harus terpengaruh dengan peserta lainnya seperti halnya jika Boat berstatus sharing.

CATATAN: 

Untuk semua penggunaan peralatan Snorkeling harus dipertanggungjawabkan apabila sampai terjadi hilang atau terlepas saat melakukan Snorkeling terutama Fin, Mask dan Snorkel.

Bila hal ini terjadi segera laporkan ke Guide Snorkeling agar bisa diambil, jika tidak bisa diambil karena jatuh pada kedalaman yang sulit untuk diraih maka peserta harus mengganti rugi alat yang jatuh tersebut sebesar 75% dari harga di toko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

12 − six =