bamboo woven

Anyaman Bambu

Desa Loyok di kenal sebagai desa kerajinan bambu terbesar di NTB. Awalnya warga desa Loyok, membuat alat kerajinan bambu yang berhubungan dengan peralatan dapur, seperti tepik (pembersih beras), Kemosak (bakul untuk pencuci beras, sayuran) Dedungki (untuk menyimpan pakaian) Gegandek, (tas) selanjutnya dalam perkembangannya, pengrajin bambu desa Loyok banyak melakukan inovasi, seperti pembuatan tas dengan motif terkini, hiasan lampu, dan lain lain yang di buat sesuai selera konsumen.

Baca Juga: Kerajinan Bambu Gunungsari Lombok Barat

kerajinan bambuKerajinan bambu tersebut, selain dipasarkan untuk pasar lokal, dan domestik, juga di ekspor ke Europa.

Banyaknya warga desa Loyok, yang bergelut sebagai pengrajin bambu atau pengerajin anyaman bambu, disebab karena masyarakat Loyok sebagian besar hidup sebagai petani. Ketika, waktu bertani telah selesai, mereka lalu melanjutkan pekerjaan untuk menganyam bambu. Begitulah, pekerjaan itu di lakukan dalam siklus musim tanam padi secara terus menerus.
Selain, di kenal dengan desa kerajinan anyaman bambu, kini Loyok mulai mengembangkan wisata alam.
Beberapa, fasilitas penunjang kini mulai dibangun seperti, tempat pertemuan dan home stay.

Sejarah desa Loyok, tidak lepas dari sejarah desa Kotaraja, di mana Loyok adalah sebagai awal cikal bakal desa Kotaraja, namun pasca kemerdekaan Indonesia, Loyok adalah bagian dari desa Kotaraja.

Pada tahun1961 Desa Loyok melepaskan diri dari desa Kotaraja, dengan luas wilayahnya saat ini sekitar 300 hektar, dengan jumlah penduduk pada tahun 2019, sebanyak 6.800 orang.

Desa Loyok sendiri, adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Sikur kabupaten Lombok Timur, berada 300-350 m, di atas permukaan laut, desa ini dapat ditempuh dari Mataram dengan jarak 40 km, dengan waktu normal 1,10 jam perjalanan. Dan dari Bandara International Lombok (BIL) selama 28 menit, untuk waktu normal, baik dengan sepeda motor ataupun.

Berikut beberapa Art shop, dan home stay di desa tersebut.
1. Traditional Art Shop
2. Treng Gading Art Shop
3. Dedy Art Shop
4. Yats Art Shop
5. Liaiva Arts Shop
6. Dicky Art Shop
7. Freddy Art Shop
8. Zabda Art Shop

Fasilitas Penginapan
1. Loyok Bonsai Garden
2. Loyok Rice Home Stay
3. Tety Home Stay
4. Resto Bungalow

 

Oleh: H. L Arwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

17 − 9 =